Manajemen Kelas Tuk Pendidikan Yang Berkelas

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Upgrading Guru MQ Ibnu Hajar

Rabu, 3 April 2019, waktu menunjukan pukul 8.00 pagi itu. Dan guru-guru Madrasah Qur’an Ibnu Hajar pun mulai berdatangan ke sekolah dengan seragam batik merah hitam. Hari itu sebenarnya hari libur bagi kegiatan belajar mengajar, namun kesempatan kali ini dimanfaatkan untuk berlangsungnya kegiatan upgrading atau pembekalan bagi para guru.

Bukan tanpa maksud, kegiatan ini diadakan selain memang rutin, tetapi kondisi dan objek ajar yang senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Pastilah membutuhkan penyesuaian dalam menyikapi dan mengambil keputusan di kelas.

Materi Agenda hari ini dibawakan oleh Miss Laila, seorang ibu  yang juga praktisi sekaligus konselor di bidang Pendidikan Anak. Hal ini tentunya sejalan dengan kondisi

 

yang ada di Madrasah Qur’an Ibnu Hajar, tak mudah mengajar anak-anak usia 3.5 tahun. Lengkap dengan tangisnya, labil emosinya, dan lain sebagiannya.

Para guru pada kesempatan ini, di ajak untuk mempraktikkan hal-hal apa saja yang mungkin terjadi ketika di dalam kelas. Peserta upgrading dibentuk menjadi beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok memerankan satu reka adegan kelas.

Ada yang menjadi  siswa yang rewel, menjadi guru, orang tua, bahkan berperan sebagai kepala sekolah.  Masing-masing kelompok diberi satu masalah yang mesti diselesaikan. Selesai satu kelompok para peserta diajak untuk berdiskusi, tentang apa plus dan minus  dari apa-apa yang telah ditampilkan oleh tiap kelompok.

Diselingi materi-materi singkat yang dipaparkan oleh Miss Laila, kemudian di praktikan dalam kelompok. Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 11.30, kegiatan hari itu pun ditutup dengan harapan, semoga ini dapat menjadi bekal bagi para guru kedepannya. Dan kualitas belajar serta pengajar di MQ Ibnu Hajar pun semakin baik dari sebelumnya

Leave a Replay

WhatsApp Hubungi Kami