MQ Ibnu Hajar Inisiasi Barang Bekas Jadi Berkah

Ilustrasi Pasar. Foto Photo by Thiébaud Faix on Unsplash

Tanggal 5 Februari 2020, Madrasah Qur’an Ibnu Hajar kembali meluncurkan program BBQ (Barang Bekas Ber-Qualitas). Sebuah program yang mengajak setiap orang untuk mendonasikan barang-barang berkualitas yang sudah tak terpakai, untuk kemudian dijual kembali. Dan hasil penjualannya akan dimanfaatkan untuk kegatan para penghafal Qur’an.

Program yang telah dijalankan secara rutin ini kian mendapat respon positif dari para walisantri dan juga masyarakat secara umum. Terbukti dengan semakin beraneka rupa serta jenis barang yang diberikan. Mulai dari mainan anak, perlengkapan bayi, buku – buku, peralatan memasak dan juga pakaian. Bahkanada pula pakaian – pakaian baru yang masih bagus dan tersegel.

Seperti yang kita tahu, bahwa setiap barang dan perlengkapan yang ada di dalam rumah kita akan senantiasa terhitung disisi Allah tanpa ada yang terlewat sedikitpun. Rasulullah bersabda, “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya”.  (HR.  Tirmidzi)

Ubah Bekas Jadi Berkah

Tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan, ini menjadi kalimat yang perlu digaris bawahi. Terkadang Ayah atau Bunda senang sekali membeli barang bukan karena kebutuhan tetapi karena keinginan. Kemudian tanpa terasa barang menumpuk di rumah tidak terpakai. Astaghfirullah, semoga Allah mengampuni kita semua.

Atas dasar inilah, program Barang Bekas Ber-Qualitas kerap rutin diselenggarakan.
In syaAllah manfaatnya mampu membantu meringankan proses hisab kita kelak,
karena setiap barangnya akan terus digunakan. Selain itu dari program ini pula
akan terbentuk nilai sosial yang baik, kemudian disempurnakan dengan keberkahan karena manfaat hasil penjualan ditujukan untuk para penghafal Qur’an.

Program BBQ ini kembali diluncurkan sebagai salah satu pendanaan guna mendukung berlangsungnya kegiatan Festival Isra Mi’raj pada Maret mendatang. Pengumpulan barang akan diakhiri pada Sabtu, 22 Februari 2020, dengan alamat pengumpulan: (1. MQ Ibnu Hajar; Jl. H. Japat 2 Gang Irenk 5, Abadijaya Sukmajaya Depok) atau (2. Jl. H. Nadhih RT 02/25 No.19 Baktijaya, Sukmajaya, Depok). Yuk segera ikuti program ini sebelum pengumpulan barang ditutup.

Leave a Replay

WhatsApp Hubungi Kami